Blog

Di Balik Keindahan Batu Lemo Tana Toraja

LEMO TORAJA LEMO TORAJA

Anda pasti tidak asing dengan Tana Toraja. Kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan ini terkenal dengan budayanya yang unik yang masih dipertahankan hingga sampai saat ini. Berjarak 7-8 jam perjalanan dari Makassar.

Toraja sangat identik dengan budayanya yang unik. Anda harus mengunjungi destinasi unik berupa tebing yang berisikan mayat orang-orang yang sudah meninggal. Destinasi tersebut dikenal dengan Batu Lemo.

Batu Lemo merupakan tempat persemayaman jenazah yang berbentuk lubang-lubang pada dinding cadas. Tempat ini sudah ada sejak abad ke-16. Lubang-lubang yang ada di dinding batu cadas tersebut merupakan hasil pahatan manusia sendiri untuk menyimpan jenazah orang yang sudah meninggal.

Lemo terletak di desa Lembang, 12 kilometer ke selatan Rantepao atau 6 kilometer dari Makale. Nama Lemo berasal dari model liang pada batu tersebut yang berbentuk bundar dan berbintik-bintik menyerupai buah jeruk atau limau, oleh karena itu tempat tersebut dinamakan Lemo.

Kuburan batu tersebut juga disebut dengan liang paa'. Ada sekitar 75 lubang pada dinding cadas. Beberapa liang tersebut memiliki patung-patung berjajar yang bernama tau-tau. Patung-patung tersebut merupakan sebuah lambang status sosial dan peran para jenazah selama masa hidupnya sebagai bangsawan.

Destinasi kuburan unik ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan sejak tahun 1960. Selain menyaksikan kuburan batu, wisatawan juga dapat membeli oleh-oleh berupa souvenir. Sepanjang kawasan kuburan batu tersebut ditumbuhi oleh tumbuhan buah pangi. Buah pangi dapat diolah menjadi makanan khas suku Toraja yang sering disebut pantollo pamarrasan.

Jika Anda penasaran, maka Anda bisa datang ke sana. Selain hawa mistis, Anda akan berdecak kagum dengan fenomena yang ada di sana.


Source: http://pesona.travel/artikel/di-balik-keindahan-batu-lemo-tana-toraja-

Unique funeral traditions of Tana Toraja

Related Posts

 
Say something here...
Cancel
You are a guest ( Sign Up ? )
or post as a guest
Loading comment... The comment will be refreshed after 00:00.

Be the first to comment.

Latest Blogs

16 August 2018
Travel
News
Uncategorized
Anda pasti tidak asing dengan Tana Toraja. Kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan ini terkenal dengan budayanya yang unik yang masih dipertahankan hingga sampai saat ini. Berjarak 7-8 jam perjalanan dari Makassar.Toraja sangat identik dengan bud...
16 August 2018
Culture
Tana Toraja in South Sulawesi has a unique funeral tradition, with ceremonies reflecting a blend of grief and wealth. When a Torajan dies in Toraja land, family members of the deceased are required to hold a series of funeral ceremonies that usually ...

Member Login

Download Free Brochure